- / / : 081284826829

5 Tipe Situs Web untuk Affiliate Marketer

5 Tipe Situs Web untuk Affiliate Marketer
By. Joko Susilo


Mengapa?

Karena situs web bisa jadi tambang uang anda. Mau punya tambang, bukan? Selain itu, situs web juga akan jadi rumah anda di dunia virtual.

Kemudahan dalam affiliate marketing memang tidak ada ketentuan mana yang harus dilakukan lebih dahulu. Membuat situs web atau mendaftar menjadi affiliate lebih dulu?



Dalam menentukan langkah, anda tidak perlu pusing. Jika anda belum memiliki situs web dan sudah mendaftar menjadi affiliate, sekarang anda pikirkan bagaimana anda mengembangkan sebuah situs web. Tentu, situs web itu mendukung produk yang anda jual. Sebuah situs web yang berkaitan dengan produk dan layanan merchant anda.

Ya, selanjutnya anda tinggal membuat situs web promosi. Buat sebuah situs web yang berfungsi sebagai arena promosi produk. Jadi, anda tidak boleh puas dengan bekal materi marketing yang diberi merchant.

Ok… Mungkin anda pusing dengan situs web yang akan anda bangun?

Bisa saja sampai saat ini anda masih menganggap situs web adalah barang rumit yang memusingkan.

Dulu, sebelum saya bisa membuat situs, saya juga sering membayangkan kalau situs web itu sebuah mahakarya yang tidak semua orang bisa buat. Paling tidak, saya harus pintar desain grafis, atau saya harus jadi programmer dulu. Selain itu saya juga harus jago menulis. Pintar membuat newsletter yang bisa membujuk pengunjung untuk membeli. Bla.. bla.. bla…

Namun ternyata semua itu tidak benar. Yang lebih penting anda berani melangkah. Sementara anda terus mengantongi ilmu dari berbagai sumber dan banyak berpraktek.

Perlu bantuan? Yup!! Tenang… ada hal yang perlu anda ketahui sebelum melangkah lebih jauh membangun situs web. Ini penting untuk fondasi situs web anda. Tentunya situs web seorang affiliate marketer!

Oya, di bawah ini ada beberapa tipe situs web yang bisa anda pilih untuk mempromosikan produk yang anda jual.

1. Tipe Content Website
Content Website menjadi salah satu tipe situs web yang paling diminati untuk promosi. Di dalamnya ada berita, saran-saran, dan artikel yang berhubungan dengan subjek spesifik.

Dalam membuat web tipe ini sebaiknya anda focus dengan satu tema atau satu kategori saja. Dan, jangan lupa taruh link affiliate anda dalam situs web. Link affiliate lebih penting daripada banner. Karena pengunjung cenderung mengabaikan banner, dan mereka lebih suka mengklik link affiliate anda.

2. Tipe Directory Website
Di sini, anda bisa membuat daftar produk dan layanan. Tentu, antara satu produk dengan produk lain harus saling berhubungan.

Dalam membuat jenis web ini anda juga harus memilih satu tema saja. Dan, beri kemudahan pada pengunjung untuk browsing. Tambahkan feature-feature pada situs web. Missal, anda bisa tambahkan Google Free WebSearch or FreeFind.com. selain itu, dalam situs web tipe ini anda sebaiknya mencantumkan daftar produk beserta tambahan informasi tentang ulasan (review) dan rating produk yang berkaitan.

3. Tipe Review Website
Tujuan utama situs web ini dalah memberikan kritikan dan ulasan tentang suatu produk dan layanan. Untuk mengembangkan situs web tipe ini, anda bisa memberikan ulasan produk disertai daftar rating produk yang mudah dimengerti pengunjung.

Selain itu, jangan menulis review atau ulasan seperti menulis sales letter. Anda harus objektif. Jangan memihak hanya pada produk yang anda jual. Sebaiknya anda juga menambahkan ulasan tentang produk dan layanan produk sejenis lainnya.

4. Tipe Shopping Comparison atau Datafeed website
Datafeed itu catalog elektronik yang diberikan merchant pada para affiliate. Isinya biasanya berupa daftar harga dan feature produk-produk merchant. Dengan adanya situs web ini, pengunjung bisa membandingkan setiap harga, feature, review dan merchant yang ada.

Jika anda menyukai membuat situs web seperti ini, anda tidak boleh lelah mengupdate situs web anda dengan informasi terbaru berkaitan dengan produk merchant. Dan, jangan memilih lebih dari satu tema atau kategori produk.

5. Tipe Gabungan
Dalam membuat situs web sebenarnya tidak aturan baku yang harus ditaati. Dalam tipe gabungan, anda bisa menggabungkan jenis-jenis di atas dalam situs web anda.

Misal, anda gabungkan antara directory situs web yang berisi ulasan (review), dan anda tambahkan perbandingan produk. Tapi, anda mesti ingat. Jangan memilih lebih dari satu tema atau kategori dalam satu situs web. Anda harus membuat situs web yang spesifik!

Nah, sekarang anda pilih yang mana? Ambil saja yang paling cocok!
WWW.ARDADINATA.COM